Cara Capture HP Android

Bagaimana cara memfoto atau capture pada layar Android ? atau biasa disebut dengan PrintScreen. Akhirnya saya menemukan caranya dan merasa lega, perlu diketahui cara meng-capture foto pada Android hanya dengan menggunakan shortcut dan sudah tersedia seperti printscreen pada windows. Jadi tanpa harus menggunakan aplikasi ataupun harus di root terlebih dahulu, namun jika ingin menggunakan aplikasi ada juga.


Cara Capture pada HP Android

HP saya adalah Sony Xperia Neo V yang ber OS awal Gingerbread (2.3.4) namun sekarang sudah menjadi Ice Cream Sandwich (4.0.4), saya upgrade melalui Sony PC Companion karena ada rekomendasi dari Sony sendiri. Baiklah langsung saja, perlu dicermati cara capture pada Android berbeda untuk versi Gingerbread dan Ice Cream Sandwich.

Cara capture atau print screen Android Gingerbread (2.3) :

Tekan tombol Home dan tombol Lock / Power secara bersamaan dan tahan beberapa detik sampai terdengar bunyi "cekrek", kemudian lihat hasilnya di Galery album Capture.

Cara capture atau print screen Android Ice Cream Sandwich (4.0) :

Tekan tombol Volume Down dan tombol Lock / Power secara bersamaan dan tahan beberapa detik sampai terdengar bunyi "cekrek", kemudian lihat hasilnya di Galery album Capture.

Sony Xperia Neo V

Kalau untuk cara capture atau print screen Android Jelly Bean(4.1) sama dengan ICS yaitu menekan Volume Down dan Lock / Power secara bersamaan. Namun untuk Samsung Galaxy Ace 2 GT-I8160, meskipun telah saya upgrade ke Jelly Bean cara untuk printscreen sama seperti sewaktu ber-OS Gingerbread. Mungkin vendor dari setiap ponsel juga mempengaruhi.

Ada juga yang langsung ada menunya, dengan cara menekan dan menahan tombol Lock / Power kemudian pilih menu Take Screenshot.
Previous
Next Post »