Tips Memilih Durian yang Mantap

tips memilih duren yang masak, tebal , legit , manis
Tips memilih durian yang baik dan mantap - Saat musim buah apalagi buah duren atau durian pastinya banyak penjual yang berdagang buah tersebut. kita sebagai pembeli dan penikmat durian pastinya tidak mau dirugikan saat memilihnya karena terkadang durian yang di beli tidak sesuai dengan apa yang di janjikan si penjual duren. Disini saya ingin membagi beberapa tips memilih durian yang bagus, tebal, dan enak.

1. Lihatlah Tangkainya

Durian jika jatuh dari pohon tangkainya bergerigi. tetapi bila terlihat rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terlebih dahulu. Selain itu, Congkel sedikit kulit tangkainya dengan kuku, kalau kulitnya tebal, maka daging buahnya pun tebal juga. Kalau bagian dalam kulitnya kuning, maka warna daging buahnya pun kuning juga.

2. Perhatikan Kulitnya

Jika kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan durian itu berdaging padat, tapi jika durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, daging durian pasti lembek. selain itu perhatikan juga apakah di permukaan kulit ada lubang atau bercak ?? agar menghindari durian yang berulat.

3. Pilihlah Yang Ringan

Durian yang berat biasanya masih mentah, isinya terlalu berair atau bahkan busuk

4. Permukaan Durennya Dipukul - pukul

Jika terdengar suara “bluk-bluk” bergema,itu tandanya durian sudah matang.tapi bila terdengar bunyi “plek-plek”itu tandanya durian belum matang.

5. Guncangkan

Jika ada terasa sesuatu yang berguncang di dalam, berarti daging buahnya berjenis kering. Itu tandanya bagus.

6. Pilihlah Yang Berjuring Lima

Buah durian memiliki juring (kamar-kamar) yang diisi biji dan daging buah. Juring bisa dilihat dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bagian atas sampai bagian bawah. Durian yang ideal memiliki lima juring karena daging buah biasanya lebih banyak ketimbang durian yang memiliki 6 juring atau lebih.

7. Ambil Yang Bulat

Bentuk bulat menandakan daging buahnya besar dan banyak.durian lonjong atau tidak bulat biasanya hanya memliki daging buah sedikit.

8. Cium Baunya

Saat memilih durian, dekatkan hidung dan cium baunya, jika baunya kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Tapi jika sudah tidak bau lagi, kemungkinan buahnya sudah masuk angin yang membuat rasanya jadi hambar.

semoga tips ini bermanfaat :)
Previous
Next Post »